Gejala Kanker Serviks Stadium 4 yang Patut Diwaspadai

Sebagai seorang wanita, mengetahui gejala kanker serviks stadium 4 merupakan hal penting yang harus dipahami. Kanker serviks merupakan salah satu penyakit yang hanya dapat dialami oleh para wanita dan memiliki tingkatan yang berbeda-beda. Kanker serviks stadium 4 merupakan tingkatan kanker serviks yang sulit disembuhkan. Banyak wanita yang menemui ajalnya ketika kanker serviks yang mereka derita telah masuk ke dalam tahap tersebut. Kanker serviks stadium 4 sendiri dibagi menjadi dua jenis, kanker serviks stadium 4A dan kanker serviks stadium 4B. Mereka yang masuk ke dalam kanker serviks stadium 4A harus menjalani kemoterapi dan radioterapi. Sedangkan mereka yang memasuki kanker serviks stadium 4B harus melakukan kemoterapi dan pengobatan paliatif.

Cara pengobatan tersebut tentunya tidak akan dijalani oleh para wanita jika mereka mengenal penyakit kanker serviks dengan baik. Jika para wanita merasakan salah satu gejala kanker serviks stadium 4 tersebut, kemungkinan penyakit tidak akan berkembang menjadi lebih parah lagi. Untuk itulah, simak penjelasan mengenai gejala kanker serviks stadium 4 yang perlu diwaspadai di bawah ini:

·         Terjadinya pendarahan abnormal di vagina.

·         Penurunan jumlah urine, terjadinya inkontinensia urine dan timbulnya darah di urine.

·         Timbul rasa nyeri di area bawah perut dan tulang.

·         Kebocoran urine yang masuk ke dalam vagina.

·         Terjadinya konstipasi.

·         Sesak napas yang diakibatkan oleh anemia dan penyebaran kanker di area paru-paru.

·         Selera makan yang berkurang sehingga menimbulkan berat badan yang menurun.

·         Pembengkakan yang terjadi di area tungkai.

·         Rasa lelah sehingga merasa tidak memiliki tenaga sama sekali.

Bagi para wanita yang mengalami gejala kanker serviks stadium 4 hendaknya selalu melakukan pemeriksaan diri secara rutin. Dari pemeriksaan tersebut, mereka dapat mengetahui apakah di dalam tubuhnya bersarang kanker serviks atau tidak. Dengan pemeriksaan itu pula, seorang wanita dapat mengetahui stadium dari kanker serviks yang diderita. Jika pemeriksaan tersebut membuahkan hasil, para penderita kanker serviks akan diberikan arahan yang tepat untuk melakukan jenis pengobatan kanker serviks yang tepat.