Cara Memperbanyak ASI Air Susu Ibu bagi Wanita yang Baru Melahirkan

Cara memperbanyak asi air susu ibu dapat anda lakukan dengan berbagai macam cara. Bagi para ibu yang baru melahirkan anak pertamanya,mungkin ada banyak hal yang belum diketahui dan masih bingung dalam merawat bayi karena minimnya pengalaman. Perasaan bingung ini yang dapat memicu pada stress dan kecemasan, sehingga berpengaruh pada kurangnya produksi ASI untuk si kecil. Cara memperbanyak asi air susu ibu yang paling penting dan alami adalah dengan istirahat yang cukup dan menghindari stress. Hal tersebut perlu dilakukan karena bila tubuh terlalu lelah, maka produksi ASI akan sangat terpengaruhi dan tidak dapat maksimal. Selain itu, ada beberapa cara memperbanyak asi  lainnya yang dapat dilakukan secara alami. Faktanya, ada banyak obat-obatan dan ramuan yang mungkin dapat memperbanyak kadar ASI, namun melakukannya secara alami lebih penting dan jelas tidak mengandung efek samping, bahkan akan semakin baik untuk tubuh, dan kesehatan si bayi.

Cara memperbanyak asi air susu ibu secara alami yang pertama dalah dengan mengkonsumsi makanan mengandung banyak vitamin D. Makanan tersebut banyak terkandung pada ikan, telur, tahu, dan juga tempe. Selain mengandung vitamin D, jenis makanan tersebut juga mengandung protein yang baik untuk tubuh ibu. Saat menyusui, bu juga sangat disarankan untuk banyak mengkonsumsi minuman sehat seperti air putih dan susu. Hal tersebut akan memperbanyak kandungan cairan dalam tubuh ibu, sehingga berguna untuk merangsang produksi ASI yang melimpah. Konsumsi minuman berpemanis terutama minuman bersoda sebaiknya dihindari karena yang dikonsumsi oleh ibu akan terkonsumsi pula oleh bayi, dan dapat mempengaruhi rasa susu yang bayi minum.

Cara memperbanyak asi air susu ibu selanjutnya adalah menghindari konsumsi obat-obatan. Bila anda inginuntuk mengkonsumsi jenis obat tertentu seperti pil KB, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Selain itu, baca kandungan dan petunjuk yang tertera pada bungkus obat, karena beberapa jenis obat tidak sepatutnya dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui. Bila dalam kondisi tertentu seperti saat anda sedang sakit dan membutuhkan obat, sebaiknya gunakan ramuan yang lebih alami saja seperti dengan mengkonsumsi makanan yang tinggi kandungan gizi dan vitaminnya.